Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Tips Cara Untuk Merawat Busi

Beberapa Tips Untuk Merawat Busi

Seputar busi bagaimana untuk Merawat dan membersihkanya berikut sedikit Informasinya semoga berkenan untuk anda. sebelumnya Juga sedikit share mengenai Masalah Busi Basah Kenapa NAhhh hal terjadi masalah masalah pada busi maka lakukan dengan Perawatan Busi secara Rutin

Busi pada mesin empat langkah
Busi adalah komponen mesin atau element mesin yang memicu api pada dapur pacu mesin bensin, sebab tanpa busi bekerja dengan baik akan menyebabkan mesin mati, tersendat sendat atau berebet karena api yang di hasilkan busi tidak lancar.

Berikut beberapa tips untuk merawat busi pada kendaraan anda.

1. Cek Kondisi Penutup Busi
Periksa kondisi penutup busi apakah masih layak atau tidak, dengan memeriksa longgar atau tidak apabila sudah longgar lebih baik anda ganti dengan yang baru, kepala busi yang longgar akan mengakibatkan mudah lepas sehingga mesin mati, dan bahkan penutup busi yang longgar akan mengakibatkan mudah kemasukan cairan seperti air atau oli.

2. Bersihkan Lubang Busi
Buka busi dengan kunci busi, ingat jangan sesekali buka dengan kunci pas, buka busi dengan kunci busi yang sesuai dengan ukuran busi , kemudian bersihkan dengan kain katun bersih yang kering, untuk membersih kotoran pada dinding lubang busi.

3. Bersihkan Celah Busi
Setelah busi dilepas, bersihkan busi dengan minyak tanah menggunakan kikir plat tipis, atau menggunakan amplas, bersih kan dengan seksama, minyak tanah dimaksudkan agar kotoran atau kerak mudah mengelupas, setelah dibersihkan keringkan busi sebelum di pasang..

4. Mengatur kembali celah Busi
Kendaraan yang sudah lama tidak dibersihkan biasanya akan mengakibatkan ukuran celah busi renggang, atur celah busi sesuai dengan standar pabrik sekitar 0,8 mm sampai 1,2 mm untuk busi mobil dan untuk motor sekitar 0,6 mm sampai 0,8 mm.

5. Periksa Busi Secara Teratur
Periksa busi setiap jadwal service sesuai kilometer tempuh manual servis pemakaian kendaraan anda, usahakan juga menggunakan kompresor bila ada, sikat besi yang kecil.

Ganti busi kalau memang sudah tidak layak pakai, karena biasanya walaupun sudah dibersihkan dengan bersih busi yang sudah tidak layak mengakibatkan tenaga mesin turun.


TAG: mio soul velg 17 merawat motor jupiter mx 135 cc matic drag lampu depan di ganti watt besar pada spark kerugian dan keuntungan up stroke kekurangan mio j kampas kopling megapro dan tiger harga spare part kawasaki ninja r harga sok yss mio harga airbrush mio 2012 gambar modifikasi motormx 135 warna putih gambar for motor beat