Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Merawat Rem Cakram Sepeda Motor Honda

Tips merawat Rem Cakram motor kita Sedikit tips untuk informasi mengenai rem cakram pada sepeda mptpr bagaimana cara kita untuk merawatnya menjaga agar kinerjanya tetap baik dimana rem adalah komponen yang fital dan berhubungan dengan keselamatan kita semua. 

Dalam perawatanya saya rasa semua sudah banyak yang tahu dengan apa saja yang musti di benahi pada komponen rem cakram

Merawat rem cakram sepeda motor tidak sesulit yang dibayangkan. Saat ini hampir semua sepeda motor anyar kini dilengkapi peranti pengereman piringan cakram atau disk brake. Paling tidak, bila pabrikan meluncurkan satu varian pasti ditawarkan dalam tipe yang menggunakan peranti pengereman tersebut. 
 Ada sejumlah keunggulan yang dimiliki peranti pengereman ini. Selain memiliki daya melepaskan panas yang lebih baik dari rem tromol, karena bersifat terbuka, peranti ini juga lebih pakem.

Namun, tidak jarang ada beberapa masalah yang cukup mengganggu kinerjanya. Beberapa gejala permasalahan itu adalah rem tidak pakem atau sebaliknya. Nah gan, kita sebagai pemilik sepeda motor yang menggunakan rem cakram sangat disarankan untuk melakukan perawatan rutin peranti sistem pengereman tersebut. Ayo kita simak langkah – langkah untuk merawat disc brake motor kita gan..

Mengganti minyak rem

Cairan ini sangat penting bagi kinerja rem cakram. Pasalnya, kinerja rem ini sangat mengandalkan piston yang berada di pada master rem. Master rem bertugas menggerakan kaliper untuk mencengkeram piringan cakram, di saat pengendara motor menarik tuas rem. Sedangkan ampuh tidaknya piston dalam menjalankan tugas tergantung pompa hidraulik bekerja mengalirkan minyak rem.
Bila ternyata saluran minyak tersumbat karena minyak kotor atau minyak telah encer karena tercemar oleh bakteri atau zat lain yang bersenyawa dengan minyak, maka kinerja piston juga terganggu. Lantaran itulah sangat disarankan untuk mengganti minyak rem. Paling tidak setahun sekali harus diganti. Paling lama dua tahun, jangan lebih dari itu bila ingin mendapatkan hasil maksimal.

Spesifikasi Satria FU 2012 Yamaha Vixion 2012 Harga dan Spesifikasi


Rem cakram bersifat terbuka. Padahal, di jalanan seringkali motor dipacu kencang saat itulah angin berembus, sehingga debu tanah serta kotoran ikut beterbangan dan menempel pada kanvas rem, piston dan bagian2 lain nya..
Bila itu terjadi, maka kinerja rem cakram kita tidak akan optimal gan. Oleh karena itu, sangat disarankan rajin membersihkan seluruh komponen disc brake dari kotoran.
Caranya, lepaskan kaliper rem dari shock breaker dan lepas kabel rem dengan cermat. Kemudian lepas bantalan rem dan bersihkan bagian permukaan dengan sikat kawat atau kertas ampelas.
Setelah selesai, gunakan kompresor udara atau semprot dengan air bertekanan tinggi untuk membersihkan sisa-sisa kotoran yang menempel, terutama di bagian-bagian yang tidak terjangkau. Kemudian keringkan, hingga tidak ada air yang tersisa.
Setelah benar-benar kering kembali rakit komponen tersebut. Namun satu hal yang perlu diingat seal piston juga harus diganti secara berkala, hal itu untuk menghindari adanya kebocoran minyak. Karena kalau bocor menyebabkan kinerja piston lemah dan pengereman tidak pakem.

Perbedaan Revo dan Absolut Revo
Modifikasi Yamaha Jupiter MX Racing Style

Pastikan Kaliper masih normal

Kaliper atau orang biasa menyebutnya kepala babi – karena bentuknya mirip hewan mamalia itu – jarang sekali rusak. Namun, ada kemungkinan pemasangannya yang tidak tepat atau posisinya goyah karena faktor-faktor tertentu.

Bila kondisi goyah atau bergetar, maka peranti yang berfungsi untuk mencengkeram pringan cakram saat pengendara motor menarik tuas rem itu, akan cepat aus. Pasalnya, bagian-bagian tertentu dari kaliper akan bergesekan terus menerus dengan piringan cakram.

Sehingga saat motor dipacu dalam kecepatan sedang sampai tinggi, jalannya seperti tersendat-sendat. Kaliper akan cepat aus, begitu pula dengan cakram, permukaannya tidak rata lagi karena ada bagian-bagian tertentu yang terus-terusan bergesekan dengan kaliper meskipun tidak dilakukan pengereman.

Lantaran itulah, memeriksa posisi kaliper secara rutin merupakan langkah yang bijak. Caranya, putar ban depan sepeda motor. Kemudian cermati gerakkan piston, bila gerakknya masih seirama dengan piringan cakram, artinya tidak ada sentuhan atau gesekan, maka kaliper masih normal.



tag: behel mio di motor beat batok pulsar modif ban pirelli motor matic anak racing airbrush grafis motor ninja ss airbrush cbr mega pro yamaha byson 2012 vixion minimalis resin buat tanki motor modifikasi motor jupiter z harga yamaha byson 225cc daftar kelas drag race solo 2012 merawat rem cakram sepeda motor honda supra fit harga cakram belakang