Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Mudah Menjaga Kinerja Mesin Motor

Cara Mudah Menjaga Kinerja Mesin Motor

Cara Menjaga daya tahan mesin motor agar usia pakainya bisa lebih panjang, sesungguhnya pekerjaan mudah dan tidak perlu banyak makan biaya. Asal cara kita memperlakukannya sesuai dengan panduan atau buku petunjuk penggunaan motor, terutama sejak motor tiba di garasi.

Selain itu, ada beberapa hal yang juga perlu diperhatikan untuk mejaga mesin agar tetap awet dan hemat dalam mengkonsumsi bahan bakar.

Beberapa hal yang perlu diperhatikan untuk memperpanjang masa pakai motor atau perawatan adalah sebagai berikut :

1 . Lakukan perawatan/service berkala dan penggantian pelumas secara rutin.

2 . Perhatikan pelumas yang digunakan. Untuk masalah pelumasan, ada beberapa poin yang harus diketahui sebelum menggunakannya. Pelumas yang baik harus memiliki empat fungsi yakni, melumasi, mendinginkan, membersihkan dan melindungi. Setelah mengetahu fungsinya, barulah kita melangkah pada pemilihan jenis pelumas yang tepat bagi mesin motor kita.

3 . Gunakan bahan bakar yang sesuai dengan spesifikasi mesin, salah satunya melalui kompresi mesin dan sistem yang diaplikasi mesin itu. Setelah mengetahui berapa perbandingan kompresi dan sistem yang diaplikasi mesin, kita bisa menentukan jenis bahan bakar apa yang cocok untuk motor kita. Apakah dengan bensin oktan rendah atau oktan tinggi.

4 . Panaskan mesin motor sebelum diajak beraktivitas.

5 . Jangan terlalu memaksakan motor bekerja pada RPM tinggi.

6 . Sebisa mungkin, hindari membuka dan menutup gas secara mendadak.

7 . Perhatikan sistem kelistrikan dan komponen kelistrikan motor.

Semoga dengan cara sederhana ini usia pakai motor Anda akan lebih lama.

http://gilamotor.com/2011/04/cara-mudah-menjaga-kinerja-mesin-motor/