Tips Merawat Body Motor


Siapa sih yang nggak pengin motornya terlihat gres dan kinclong terus? Tapi sering kali meski sudah kita bersihkan dan sirami, tetap saja makin lama bodi motor kita terlihat kusam dan tak menarik.

Tampilan sering membawa kesan tersendiri. Selain saat ini tampilan-tampilannya sudah dirancang menarik oleh produsen sepeda motor tersebut, ditambah perawatan, akan membuatnya tampil lebih berkelas dan juga menambah keyakinan sehingga bangga dalam mengendarainya.

Iklan-iklan pemoles bodi sepeda motor di televisi dengan menggunakan sepeda motor tipe sport, menampilkan bintangnya bercermin pada tangki bensinnya yang mengilat. Body sepeda motor yang umum beredar di Indonesia sebagian besar terbuat dari bahan plastik padat yang mempunyai karakteristik mudah pecah, tergores, dan pudar sehingga perlu disiasati agar body kendaraan Anda tidak rusak, antara lain:

1. Pada musim kemarau usahakan kendaraan Anda selalu dalam keadaan bersih dari debu dan kotoran yang ada selama Anda mengendarai kendaraan tersebut. Tempatkan sepeda motor di tempat yang teduh supaya cat tidak mudah kusam dan pudar warna kendaraan Anda. Jika ingin membersihkan debu yang menempel di bodi, jangan menggunakan lap kering karena dapat menyebabkan tergoresnya cat. Sebaiknya bersihkan debu dengan bulu ayam.

2. Lakukan pencucian kendaraan Anda dengan sampo yang banyak beredar di pasaran. Jangan menggunakan sabun atau deterjen karena akan merusak bodi kendaraan Anda dan yang paling penting langsung dilap sampai kering dan sisa-sisa sabun hilang. Sisa-sisa sampo membuat cat menjadi kusam. Dalam mencuci sepeda motor, sebaiknya gunakan lap yang berpermukaan halus dan tidak berserat agar cat tidak tergores.

3. Dampak negatif air hujan. Jangan abaikan juga perawatan bodi saat musim penghujan tiba. Air hujan bersifat asam, lebih parah lagi di kota-kota besar. Air yang asam tersebut akan merusak cat, bahkan jangka panjangnya bisa korosi. Maka, pada saat-saat itu perawatan bodi mutlak harus Anda lakukan karena kadar asam yang terdapat dalam air hujan bisa memupus angan-angan Anda untuk memiliki kendaraan yang mengilat dan bernilai jual tinggi. Untuk mencegah kerusakan pada cat, bekas-bekas air hujan pada bodi harus di bersihkan dan dikeringkan. Jangan sekali-kali membiarkan sepeda motor Anda teronggok begitu saja sehabis seharian diguyur air hujan atau basah karena melewati genangan air karena di samping merusak cat, juga bisa mengakibatkan karat pada mesinnya.

4. Dampak negatif kondisi pinggir laut. Daerah pinggiran laut memiliki udara dengan kadar garam yang tinggi, apalagi airnya. Sepeda motor yang sering digunakan di daerah tersebut perlu mendapat perawatan ekstra akibat pengaruh garam tersebut. Garam terkenal sangat korosif terhadap logam, misalnya pada mesin atau pelek. Bagi Anda yang hobi jalan-jalan-ke pantai, segera bersihkan dari dampak garam tersebut dengan mencuci bersih sepeda motor memakai sampo yang direkomendasikan.

5. Cat tidak boleh terlalu sering dipoles. Penggunaan pemoles bodi yang membuatnya mengilat dan terlalu sering akan menipiskan lapisan cat.

http://rachmadrevanz.com/tips-merawat-body-motor.html



 


  © Blogger template 'ASIK-For You' by Blog For Oto-trendz Modifikasi motor dan mobil 2012 privacy policy

Blog otomotif modifikasi Motor dan mobil