Jenis Macam macam Aliran Modifikasi Pada Sepeda Motor
Terima kasih telah berkunjung dengan informasi Jenis Macam macam Aliran Modifikasi Pada Sepeda Motor nahh sobat silahkan bagi yang ingin tahu tentang modifikasi motor di sini banyak sekali info mengenai modifikasi motor yang memang beragam model bentuk juga alirannya oke silahkan dilihat infonya
Jenis Aliran Modifikasi Pada Sepeda Motor
Ragam aliran modifikasi motor ternyata banyak jenisnya. Selera orang macam macam dan misterius biar sama sama psychocycle,
kita punya kecenderungan masing masing. Ada yang suka hot rods, low
rider, choppers, bobbers. jap's bike, sporty atau malah rat bike. Makin
bingung dengan semua aliran, kadang saling mempengaruhi bahkan tumpang
tindih. Tapi yang jelas salah satu aliran akan menjadi dominan jika
sudah menempel di motor, berikut beberapa jenis aliran modifikasi motor:

Tak
bisa lepas dari sejarah mobil khususnya akhir perang dunia 2, sehabis
perang dan resesi ekonomi hebat di sana para otomotifmania membangun
kultur hot rods di Kalifornia Selatan (So-Cal atau Southern
California). Disana banyak yang bilang alam Kalifornia dengan danau
kering dan magnet Hollywood membuat penggila otomotif jadi kreatif
men-custom mobil eksotis. Mereka menjalankan beberapa pakem standar,
yakni power mesin diperbesar, bobot mobil diperingan, atap dipotong,
roda lebar dan warna dinamis tapi cenderung berkarakter kuat. Semua itu
mempengaruhi para bikers terutama mereka yang beraliran choppers.
Disini ada perpaduan antara chopperis dan hot rods mania, contoh paling nyata ada di kumpulan Sinner yang
bermukim di Southern California.

Keduanya
berhubungan erat, prinsipnya, Bob dan Chop sama sama melakoni langkah
memotong motong. Bedanya, bobber yang hadir lebih dahulu dan tak se
extrim chooper. Aliran ini tetap membiarkan sasis standar tapi
memotong spatbor dan piranti yang dianggap perlu. Untuk aksentuasi;
bobberis menerapkan pakem memilih roda depan dan belakang gendut. Rem
teromol dan kick-starter sesuai masa kelahirannya. Bobberies fanatik,
walau punya motor baru, tetap mempertahankan aroma ol skool
ini. CHOPPERS lahir dari kebutuhan dan efisiensi dana. Saat klub outlaws
seperti Hell's Angels harus mengendarai Harley-Davidson atau Idian,
mereka mengkritisi bobot H-D yang berat dan menganggu aktifitas mereka.
Jalan keluarnya, kaum ini memotong peranti termasuk sasis hingga
bobotnya berkurang. Di sisi lain, lansiran pabrik yang mahal membuat
mereka berhemat biaya. Kaum ini awalnya mencari mesin
dan mengkombinasikannya dengan sasis buatan sendiri dan berbagai junk
yard lainnya. Sejarah ini berkembang dan melahirkan rumah modifikasi dan
builders dunia. Uniknya, filosofi choppers yang harusnya lebih murah
dari pabrik bergeser, Sekarang justru kebalikannya.
Dari
artinya sebagai pendaki, bisa ditebak kalau aliran ini sama dengan
trailmania atau motor multipurpose. Di dunia modifiasi, scramblers
ditandai dengan penguatan kaki kaki, groud clearance yang
ditinggikan, ban motorcross dan knalpot melingkar di tengah mesin agar
tidak terganggu saat melahap medan ekstrem. Uniknya, aliran ini
menghasilkan keindahan tersendiri. Banyak modifikator memilih scrambler
dengan karakter bersih dan kinclong.

RAT BIKE
Golongan
paling unik tapi punya penggemar bejibun. Motor bagi mereka sama dengan
album kehidupan. Hasilnya, seluruh barang yang pernah bersinggungan
dengan mereka, menempel di motor. Hasilnya, motor jadi tak karuan rarena
penuh barang rongsokan. Hebatnya, aliran ini punya tempat tersendiri di
ilmu psikologi. Yakni kecenderungan Nest Baum (perilaku membuat sarang)
yang dialami beberapa manusia. Tak cuma motor, perilaku rat bikers juga
khas. Mereka kecanduan turing dan punya rasa persaudaraan sangat
kuat. Makanya, rat bikers selalu dirindukan oleh berbagai golongan
bikers.

Kabarnya
lahir dari Chicano Community, yakni kaum Mexicanos-Latinos yang
bermukim di Los Angeles. Lain dengan Hot Rod (HR) yang identik dengan
power dan akselerasi yang dahsyat. LW suka mobil atau motor ceper dan
pelan sesuai filosofi mereka, bajito y suavicito (low and slow). Kaum
ini tergila gila motor-mobil ceper dan doyan mejeng memamerkan
tunggngan. Mereka boleh diistilahkan kaum poser, beriringan dan
membentuk komunitas yang erat. Di sisi lain, kaum lewat selera low
riders, mereka berusaha menajamkan kelekatan kultural para Chicano
termasuk identitas gangster, danskspresi estetika ala mereka. Ciri
paling menunjol dari mereka adalah tunggangannya se ceper mungkin, tapi
punya air suspension. Di mobil, mereka
mencustom
mobilnya jadi bisa lompat lompat dengan air suspension independent.
Estetika ini menular ke motor juga sepedah, dengan pilihan ground
clearance ceper, setang ape hanger yang dimodif unik misalnya twisted,
krom dan warna ngejreng. Sebagian chopperis juga suka aliran ini.

JAP'S STYLE
Menjadi
virus di kalangan chopperis, sport bike, maupun streetfighter dunia,
Kreativitas mereka diilhami "balas dendam" akibat kekalahan PD II
khususnya terhadap Amerika. Mereka berusaha mengalahkan superioritas
kultural Amerika dan berusaha keras mengubah selera dunia sesuai selera
mereka. Jap's Style alias gaya Jepang ini cukup sukses sebagai
virus. Dikalangan chopperis, kehadiran Chicagawa (Chica Custom) atau
Shinya Kimura (Zero Enggineering) dianggap pahlawan yang mampu
menyebarkan virus ini. Pakemnya adalah anti-pakem. Mereka tidak ikut
aturan ketat soal kriteria choppers-bobber bahkan scramblers. Di
kalangan skubeker, Jap's style tak kalah gebyar. Ciri khasnya,
kreativitas nakal bergaya ol skool di setang telanjang, lampu bulat, jok
bertingkat dengan pelapis berbahan glossy dan detail manik imut. Kadang
mereka cuek menyasar beket penangga mesin atau total memanjangkan
rangka. Akibatnya ground clearance motor juga makin turun.