Oli Samping Kawasaki Ninja R 150

menyetel oli samping kawasaki ninja r 150 Sekedar Informasi untuk Setting Oli pada Ninja r 150 yang lagi punya ni motor dan mendapati masalah pada setingan oli silahkan berikut adalah sedikit tips dari blog tetangga yang sedikit mengulas tentang Tips Memperbaiki setel oli pada Ninja r 150 berikut artikelnya semoga bermanfaat dan berkenan menambah ilmu bagi kita semua di bida otomotif


Pada dasarnya settingan (keborosan) pompa Oli Samping Ninja sudah di tetapkan dari pabrikannya dan sudah di sesuaikan dengan kebutuhan mesin standardnya, namun ada beberapa kasus yang membuat kadang settingan tersebut berubah atau malah sengaja dirubah. misal bagi yang mesinnya sudah di modif atau karena beli seken atau bisa juga karena sudah lama usia pakainya sehingga berubah sendiri, Nah bagi yang ingin mengetahui apakah setingan pompa oli samping Ninja Sampeyan sudah sesuai STANDARD Pabrikan atau sudah bergeser, coba langkah berikut..

1) Buka dulu tutup gigi tarik depannya dengan membuka 3 baut 8″nya dengan kunci shock..

setelah kover gigi tarik depan di buka akan kelihatan cover dust dari Pompa Oli Sampingnya pada Ninja r 150
2) Buka 2 baut pengikat cover pompa dengan Obeng (+)..

kemudian keluarkan perlahan tutup debunya dengan menariknya ke bawah.. lalu akan kelihatan Pompa Oli Samping si Ninja nya Maz Bro..

Perhatikan ada tanda (-) pada samping bodi Pompa dan juga ada pula tanda serupa pada tuas penggerak di pompanya..
3) Nyalakan mesin beberapa saat / sekitar 3 menitan lahh, setelah di matikan mesinnya coba Anda / Sampeyan tarik grib gas sampai MENTOK.. seandainya kedua tanda (-) pada samping bodi dan tuas penggeraknya tepat sejajar kek gini..

Ini tandanya SETTINGAN keBOROSAN oli Sampingnya sudah sesuai dengan STANDARD Aman yang diperhitungkan Pabrikanya, Namun dengan catatan kondisi mesin juga harus masih dalam keadaan SUTANDARAN Juga.. namun apabila sudah ada perubahan, baik itu dari Oli samping yang digunakan ataupun perubahan pada mesin (dari Karburator hingga knalpot) keknya Settingan Amannya juga ikut Menyesuaikan..
Sebagai contoh Motor Ninja 150 L saya, di karenakan adanya sedikit perubahan pada karbu(ganti spuyer) & Knalpot aptermarket maka biar aman setingan keborosan Oli Sampingnyapun ikut saya Naikan mengikuti NAIKnya keborosan BENSIN yang juga meninggkat..

Bila tanda (-) yang ada pada tuas penggerak Pompa melewati tanda (-) yang ada pada bodi samping pompa seperti pada Gambar saat gas di tarik mentok, Itu pertanda setingan Keborosan Pompa Olinya melebihi Standardnya,, Namun tak perlu cemas Maz Bro – Brades semua.. meski sudah di setting Boros gini masih sangat irit oli Sampingnya lhoo,, sekitar 1500an km/ liter.. Masih termasuk IRIT kan..
Nah sekarang sudah tahu kan cara menye-standardkan/ meningkatkan keborosan Oli Samping pada Ninja 2 Ketuk Sampeyan..??!!
kalo menurut Saya, Sangat disarankan Mengembalikan settingan Oli samping pada Posisi SUTANDAR apabila Ninja Sampeyan MEMANG pemakaianya juga SUTANDARD-STANDARD saja (WAJAR),, NAMUN KLO Motor Sampeyan sering TOURING lebih dari 180an km dengan @rpm tinggi dan speed diatas 150 km/jam dalam waktu yang relatif lama seperti yang dialami sipaIJO Saya,, keknya lebih abdol deh sedikit di borosin Olinya..


Sumber;http://hourex150l.wordpress.com/2011/04/28/repost-setting-pompa-oli-samping-ninja-150-series/



 


  © Blogger template 'ASIK-For You' by Blog For Oto-trendz Modifikasi motor dan mobil 2012 privacy policy

Blog otomotif modifikasi Motor dan mobil