TIPS Untuk MERAWAT MOTOR MATIC

Hal yang perlu diperhatikan untuk perawatan motor matic anda agar tetap awet dan performanya tidak mudah menurun, mungkin anda perlu lakukan beberapa hal sebagai berikut.? kalau untuk TIPS Merawat Mesin Motor Untuk Mesin Motor 4 Tak anda bisa lihat artikelnya di link tersebut.?


TIPS CARA MERAWAT MOTOR MATIC
1. Lakukan servis umum setiap 2 bulan sekali, cek karburator, cek busi, buka filter udara dan cek rantai.

2. Servis karburator setiap 3 bulan sekali.

3. Perhatikan V.Belt (letaknya disamping kiri roda) diganti tiap 25.000 km dan diservis tiap 10.000 km.

4. Oli mesin sangat penting peranannya untuk melumas komponen-komponen mesin. Ganti oli tiap 2.000 km, jangan ditunggu sampai minyak pelumas berwarna kehitam-hitaman karena mempengaruhi kelenturan daya tarik dan kinerja mesin.

5. Tiap 15.000 km klep harus dibersihkan agar mesin dalam kondisi yang selalu prima dan motor tidak ngadat atau mogok, biasanya kotoran sering mengganjal di klep.

6. Periksa tekanan angin ban, jangan terlalu keras dan juga jangan kurang angin.

7. Panaskan mesin sebelum motor dijalankan, hidupkan mesin dengan menarik cuk dan gunakan starter kaki. Biarkan mesin hidup sekitar 5 menit supaya sirkulasi oli bisa melumasi seluruh bagian dalam mesin yang bergerak. Kemudian kembalikan letak cuk dan motor siap digunakan.

8. Gunakan selalu spare part asli. Lebih baik mahal sedikit tetapi puas dan tahan lama daripada memakai yang tidak asli meski murah tetapi tidak tahan lama.

9. Sebaiknya servis motor di bengkel resmi yamaha, jika ada kerusakan lebih mudah ditangani dan pastinya setiap melakukan service kita mendapatkan garansi 1 minggu jika terjadi hal-hal yang kurang baik bisa kembali lagi untuk diservis.

Tamahan Untuk Perawatan motor matic anda

Merawat motor matic :
1. Ganti oli mesin : oli yang saya pakai biasanya oli yang standard digunakan oleh pabrikan itu sendiri, untuk kekentalan sesuai kebutuhan; untuk dipakai melaju cepat memakai yang encer, kalalu untuk sehari-hari yang agak kental. Usahakan ganti Oli minimal tiap 2000 km (kurang dari 2000 km lebih bagus…), jangan berpatokan pada hari atau bulan ganti oli sebelumnya, tetapi berpatokan pada kilometer yang tertera pada speedometer.2. Ganti oli transmisi : usahakan jangan melebihi 7500 Km.
3. Ganti Vent Belt : layak untuk diganti jika pemakaian lebih dari 20.000 Km, sekalian membersihkan ruang transmisi tersebut.
4. Pastikan busi bekerja dengan baik, mengeluarkan percikan api yang bagus dan jangan lupa demi kelanggengan mesin gunakan spare part standard saja (sesuai kebutuhan).
5. Chek kondisi aki, ini penting karena kebanyakan motor matic meruapakan motor full DC dimana peran aki sangat berpengaruh, yaitu untuk tenaga dan sumberdaya motor itu sendiri.
6 . Ganti Oli shocbreaker : untuk menjaga kemantapan suspensi ganti oli shockbreaker minimal 10.000 Km.
Demikian panduan singkat mengenai perawatan motor matic, semoga bermanfaat..!



 


  © Blogger template 'ASIK-For You' by Blog For Oto-trendz Modifikasi motor dan mobil 2012 privacy policy

Blog otomotif modifikasi Motor dan mobil