FUNGSI KIPROK pada SEPEDA MOTOR

Sedikit ilmu bengkel untuk mengetahui kerusakan ciri-ciri pada kiprok sepeda motor anda.? berikut informasinya semoga menambah ilmu untuk anda sobat modifikasi motor. jangan lupa baca juga tentang Regulator | sistem pengisian sepeda motor untuk menambah ilmu bengkel belajar memperbaiki motor sendiri.?
Science workshop to learn a little damage on the characteristics of your motorcycle kiprok.?The following information may add knowledge to your buddy motor modifications. Do not forget to read also about the Regulator | motorcycle charging system to increase knowledge to improve motor learning workshop itself.?

FUNGSI KIPROK DALAM SEPEDA MOTOR

Rusaknya Kiprok akan menyebabkan lemahnya pada pengisian aki dan lampu motor redup walau sudah digas atau Motor anda di geber-geber. Kiprok rusak kebanyakan  terjadi tegangan tinggi pada aki  dan bisa mencapai 19 volt atau bahkan lebih.

Untuk mengetahui kerusakan pada kiprok ialah dengan mengukur menggunakan Multi tester ke aki motor saat mesin motor hidup, kemudian gas motor, seumpama tegangannya terbaca di multitester lebih dari 15 volt sudah dicurigai Kiprok jebol jadinya tegangannya ngeloss ke aki efeknya aki cepat jebol, cdi, kelistrikan bisa rusak, yang normal saat diukur adalah tegangannya 13.6 volt saat motor nyala di RPM tertinggipun kiprok bebek Honda Supra ada 4 kaki (kabel warna putih, kuning, hijau dan merah). 

Tugasnya selain buat pengisian (mengubah arus AC jd DC) juga sebagai penyetabil (jika pengisian berlebih akan dibuang ke massa). Nah, kalau yang rusak fungsi charge maka aki akan tekor. Tapi kalo yang rusak fungsi penyetabil maka justru bisa overcharge. Misal lampu depan atau lampu panel speedometer sering putus. Ciri lainnya saat putaran mesin dinaikkan, lampu tambah terang hingga putus. seharusnya nyala lampu tetap stabil (meski lampu tidak langsung dari aki ).

ulator (bertugas menjaga pengisian tegangan ke aki 13.6 Volt) semua kiprok motor zaman sekarang menggunakan regulator, makanya disebutnya Regulator Rectifier (red:Kiprok), yang didalamnya terdapat 2 fungsi : 1. Sebagai penyearah arus AC menjadi DC (Komponennya Dioda) 2. Menstabilkan Arus & Tegangan (koponennya adalah Dioda Zener) sehingga tidak perlu kuatir soal pengisiannya.

Referensi ertikel:http://bocah2mbakalan.blogspot.com/2011/09/fungsi-kiprok-dalam-sepeda-motor.html



 


  © Blogger template 'ASIK-For You' by Blog For Oto-trendz Modifikasi motor dan mobil 2012 privacy policy

Blog otomotif modifikasi Motor dan mobil