Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Perawatan berkala pada CVT pada Honda BeAT

honda beat modifikasi honda beat honda beat for salescootermotorcycle honda beat 2011 specs gambar honda beat 1991 honda beat for salePerawatan berkala pada CVT pada Honda BeAT,kenalilah kerusaka pada cvt lebih dini agar tidak menimbulkan efek pada mesin anda lakukan penggantian berkala sesuai dengan petunjuk pemakaian dari motor honda beat tersebut..? artikel ini bukan ditujukan pada honda beat saja tapi pada semua jenis motor matic, untuk segi perlindungan dan peraatan kompone cvt ini karena merupakan komponen yang sangat penting..?


Berikut ini adalah tanda2 kerusakan pada cvt moto beat, juga pada pemakaian  pada kondisi yang salah,  Selain timbul suara berisik, tunggangan seperti tersendat mulai mesin dihidupkan hingga grip gas dibuka untuk jalankan motor matik.               

“hal ini terjadi bila belt di puli mulai kotor, roller aus ( peang ), lubang alur di mangkuk puli skunder skunder agak terkikis atau mangkuk kampas kopling sentrifugal tidak rata lagi. Makanya timbul suara aneh dan jalan skubek enggak normal, Namun sumber semua masalah selain cara pakai yang kasar, juga tergantung dari cara pemilik merawat mesin. Apalagi komponen di CVT rawan debu, oli dan air. Ketika sudah tidak peduli lagi, komponen gampang rusak hingga timbul berisik atau jalan tersendat.

Cara paling sederhana jaga kondisi CVT agar tetap baik yaitu :

1.Selalu bersihkan filter udara CVT setiap 3 bulan atau berbarengan saat servis berkala. Namun jika filter udara mulai berpori besar, tersumbat atau robek segera diganti dan tidak bisa ditawar.

2. “Hindari air setinggi rumah CVT, apalagi bercampur dengan debu dan mengendap di belt atau roller, kedua komponen bukan cuma cepat terkikis tapi akan timbulkan suara berdecit. Parahnya lagi jalannya tunggangan tidak lancar lagi. Tukas mas Budi Bikers dari Lombok yang juga mekanik.

3. Rajin Membersihkan V- belt 8.000 Km atau ganti V-belt bila aus
Sebetulnya kita bisa meniadakan kotoran itu. Kuncinya, untuk motor baru harus dibersihkan ketika kilometer sudah menunjukkan 4.000 km awal. Setelah itu, menganjurkan dilakukan setiap 8.000 km dan itulah 3 cara agar terjaga dari kerusakan yang lebih para di cvt.uq