Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

cara freestyle dengan mengangkat roda depan pada sepeda motor

cara freestyle dengan mengangkat roda depan pada sepeda motor - Mungkin tips ini harus dilakukan dengan kemauan dan tekat yang benar dan menjadi tantangan oleh sebagian para freestyler untuk mengankat roda depan sebagai teknik dasarnya silahkan ikuti Tips berikut semoga membantu dan memberikan Informasi Tps yang bermanfaat..?

Untuk lebih jelasnya perhatikan langkah-langkah berikut:
1. Langkah pertama adalah basic "roll on power wheelie". Pada dasarnya, anda memerlukan sebuah motor dengan power yang cukup untuk mengangkat roda depan dari tanah dengan percepatan sederhana. Kebanyakan motor standar tidak akan mampu melakukan ini tanpa melakukan modifikasi. Anda juga dapat mencoba mendapatkan motor hingga kecepatan yang baik di gigi (sekitar 25-35 mph), setelah Anda mencapai powerband (di mana mesin mulai berjalan lebih cepat dengan sedikit melintir gas) lepaskan gas sedikit saja, kemudian tarik gas yang banyak. Tidak selalu seberapa besar gas yang anda tarik, tapi jumlah yang baik. Anda akan melihat bagian depan motor terangkat, dan jika Anda melepaskan gas, itu akan kembali turun. Lebih besar gas setelah powerband akan mendapatkannya lebih tinggi. Jika Anda tidak memiliki kestabilan, ini akan menjadi waktu yang ideal untuk mendapatkannya. Mencoba mengangkat motor dari tanah dan kemudian kembali turun tiba-tiba akan menyebabkan roda depan bergetar. bahkan motor bisa oleng. Setelah Anda sudah merasa nyaman dan terbiasa, anda melanjutkan ke langkah berikutnya, dengan memindahkan gigi.

2.Roll di sekitar 10-20 mph dalam gigi satu.

3.Menarik kopling dan putaran motor sedikit, kemudian slip kopling. Lakukan ini beberapa kali dengan sedikit lebih banyak gas setiap kali sampai Anda mulai merasa nyaman dengan seberapa tinggi roda depan terangkat. roda depan akan terangkat lebih cepat daripada power wheelie.

4.Setelah Anda merasa nyaman mengangkat roda depan sedikit, sudah waktunya untuk melihat tentang gas dan kontrol rem. Gunakan gas untuk mempertahankan ketinggian wheelie dan rem belakang untuk menjaga dari motor terjengkang kebelakang. Terlalu menyentak gas ketika mengangkat roda akan hampir selalu membawa roda depan kembali turun, tetapi kemungkinan besar Anda akan membanting roda depan cukup keras.

5.Jika Anda sudah cukup baik di kontrol rem, Anda dapat ber- wheelie di motor sampai puas , dalam teori. Tetapi pada awalnya Anda mungkin hanya akan dijalankan melalui rentang rpm dan saat turunnya roda depan. Ini adalah ketika Anda perlu beralih tahap dua. yaitu adalah perpindahan gigi, (jika motor matic tidak usah khawatir tentang ini) pada puncak wheelie ketika Anda miliki tentang RPM 3000 memulai sebelum redline. Biarkan roda depan agak turun sedikit dan secara bersamaan mengoper ke gigi kedua.

6. Setelah Anda berada di gigi kedua , tarik putaran gas agar tidak membiarkan roda depan motor turun karena inersia, dan menemukan titik keseimbangan yang di atas motor anda adalah roda depan tetap di udara. Titik keseimbangan dapat ditemukan dengan bersandar pada sisi belakang motor, sehingga pusat gravitasi dari seluruh sistem (Anda dan motor) berada di tengah, dan Anda dapat bertahan lama. Namun berhati-hati jangan sampai menggeser posisi tubuh di sisi belakang, karena Anda akan cenderung jatuh, dan rem belakang Anda tetap siap untuk situasi seperti itu.
  • Posisi tubuh sangat penting. Pemula mungkin tidak nyaman dan memeluk tangki (kalo jenis sport) dengan lutut untuk membantu mereka bertahan, tapi idealnya geser kembali terhadap jok belakang adalah tempat terbaik.
  • Pada motor yang bertenaga besar, secepatnya pindah ke gigi dua roda depan akan menarik sedikit sehingga menjaga rem belakang tertutup.
  • Jika Anda belum pernah melakukan perpindahan gigi, latihan pada dua roda dulu. dapatkan rpm cukup tinggi, turunkan gas sedikit dan pindah gigi dengan mantap sehingga Anda tidak pindah pada posisi netral.
  • Berdirilah saat wheelies, baik kedua kaki di belakang footstep atau hanya kaki kiri di belakang dapat membuat lebih mudah untuk menyeimbangkan wheelie.
Yang harus diperhatikan:
  • Wheelies berbahaya, bahkan ketika dilakukan oleh para profesional sekalipun.
  • Pakailah pelindung tubuh/body protector dan mencobalah dulu pada sepeda motor kecil seperti 100cc-150cc. motor yang lebih kecil ini sangat dapat membantu dengan belajar mengendalikan rem yang akan mencegah motor Anda dari terguling kebelakang .
  • Jangan berpikir Anda bisa belajar wheelies dalam satu hari. Bahkan berlatih setiap hari pun akan membawa Anda beberapa minggu untuk mendapatkan kenyamanan. Kebanyakan profesional yang Anda lihat dalam video/tv atau dalam pertunjukan itu telah melakukannya selama bertahun-tahun.
Suatu yang sangat anda butuhkan
  • Helm standar DOT/SNI
  • Sarung tangan (mencengkeram setang anda sangat penting)
  • Pelindung, atau setidaknya jaket kulit dan celana jins.
  • Sepatu dengan beberapa syarat; motor sepatu bot lebih disukai, dan akan melindungi kaki dan pergelangan kaki Anda jika Anda jatuh.
  • Di tempat yang aman terbuka dan daerah yang tidak ada pejalan kaki untuk latihan (biasanya wheelies dianggap ilegal di jalan umum)
  • Gunakan protector siku, pergelangan kaki & lutut untuk melindungi sendi.(wikihow)

    sourece:http://www.breaksides.blogspot.com/2010/02/cara-dasar-melakukan-wheelie-freestyle.html