MODIF VIXION DENGAN VELG JARI | vixion pelek ruji

Ma’af semua velg Vixion Casting Wheel, tidak ada pilihan velg jari-jari untuk motor Vixion. Apa boleh buat, untuk pencinta velg jari-jari harus keluar dana ekstra nih buat bikinnya.   :(
Paling mudah, ya….. bikin sendiri, velg after market di pasaran juga banyak. Persoalan menjadi tambah rumit karena ternyata banyak yang harus diganti, begitu juga dengan biaya yang harus dikeluarkan, belum lagi urusan montir yang belum pengalaman.
Tenang-tenang,………….. ada sedikit info dari bro Yan Rakhman Baharuddin yang punya pengalaman “dandanin” vixie kesayangannya dengan velg jari-jari.  :D
“Alesan gw seh sebenarnya cuman 1, yaitu gampang setel pelang kalo bengkok… selain membuat sesuatu yang beda tentunya……”
Begitu pendapat si bro ketika ditanya alasannya. Ada sedikit tips dari bro Yan yang sudah pengalaman bikin velg jari-jari.
Part yang dipakai juga tinggal PnP (plug ‘n play), sehingga tidak perlu keluar dana yang teralu besar untuk membuatnya. Berikut part yang harus dibeli berdasarkan info bro Yan :
Velg
Front (depan) lebar 2.5″
Rear (belakang) lebar 3.5″.
Kalau ini bisa pakai merk apa saja, sedangkan pilihan bro Yan adalah yang merk “Baros” (ada juga beberapa pilihan seperti merk Ride It, TDR dll).

Ban
F : ukuran 110/70-17
R : ukuran 120/70-17
Tromol
F : Ninja R jari2 + dics 300 mm
R : Set tromol Scorpio (naf gir, tromol, rem)

Alasan bro Yan memilih ukuran ukuran velg dan ban adalah pertimbangan swing arm yang tidak perlu dirubah, sehingga bisa memakai ori nya vixion.
Penggunaan tromol depan Ninja + disc 300 mm karena pertimbangan PnP dengan kabel speedometer ori vixion, sehingga mengurangi part yang harus dibeli.
Berikut kutipan email bro Yan :

Untuk laher (bearing) harus pakai orinya Ninja (as roda depan tetap pakai punya Vixion tapi agar muat di laher Ninja harus dipakein adaptor yang bisa dibikin di tukang bubut, pokoke gampang lah om he3x…).

untuk depan yang bisa kepake ori Vixion cuman as roda beserta murnya & kebel speedometer beserta mangkoknya (bonggol hitam yang nyambung ke kabel speedometer).
*bonggol hitam = Gear unit Assy

Demikian pula dengan penggunaan tromol belakang scorpio, alasan bro Yan adalah (sebagaimana dikutip dari email) :
Untuk belakang ori Scorpio alias 100% sama dengan Vixion (fyi selain teromol Scorpio bisa juga pake teromol RX-King or JupiterMX, tapi saran mendingan pake Scorpio karena paling besar ukurannya).
Kalau untuk belakang yang bisa kepake ori Vixion cuman as roda beserta murnya dan stelan rantainya Vixion, sisanya full set Scorpio.
Oya,…… untuk urusan jari-jarinya bisa pake punya Binter Merzy atau HD yang ukurannya disesuaikan dengan velg dan tromol.
Trus…. gimana kalo mau pake ban tubles, khan ada celah di lobang di velg ? Untuk urusan itu sudah ada semacam “lakban” yang bisa menutup celah, sehingga bisa memakai ban tubles). Apa namanya ? merknya apa ?……… Rahasia perusahaan katanya……… wew….. pelit.  :(
Begitu juga dengan penyusunan jari-jarinya bisa disusun tegak lurus seperti aliran Amerika gitu. Tapi itu tergantung selera dan tentunya part yang digunakan juga berbeda. Dan yang pasti,…. biaya yang harus dikeluarkan juga beda.  :D

Naaah…….. gampang kan ?…… bisa menekan harga lagi……..  :D

Untuk pengerjaannya, bro Yan mempercayakan kepada bro Safi Saelendra dari G&S Motor Works Jl. Nangka Raya No.18, Depok 16432.
Tapi ma’af untuk besarnya biaya yang harus dikeluarkan, berhubung harga dapat berubah sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan sebelumnya, maka silahkan kunjungi  http://nangkabecek.multiply.com.  :P

“Semoga bermanfaat”
(F-005, 2008)
Note :
Foto-foto kiriman bro Yan dan “ngembat” dari web store nya bro Ferry (http://tozzymodif.wordpress.com)

sumber:http://yvcbogor.wordpress.com/2008/10/30/vixion-jari-jari/



 


  © Blogger template 'ASIK-For You' by Blog For Oto-trendz Modifikasi motor dan mobil 2012 privacy policy

Blog otomotif modifikasi Motor dan mobil