MERAWAT TANGKI MOTOR HONDA TIGER (MOTOR SPORT)

Bagi para pemilik sepeda motor Honda terutama motor Sport ( Tiger 2000, Mega pro, GL Pro series) terkadang secara tak sadar mengabaikan akan pentingnya menjaga kebersihan bagian dalam dari tanki bahan bakar (fuel tank). Gejala dari tanki yang dalamnya terkontaminasi oleh karat dapat dideteksi dengan cara membuka penutup mur kran bensin dengan kunci ring 10 mm gambar (A) akan terlihat air atau karat yang menumpuk. Air atau karat yang terjadi didalam tanki akan memengaruhi terhadap unjuk kerja mesin itu sendiri seperti tersendat-sendat. Beberapa faktor penyebabnya antara lain :

  • Kondisi tanki sering kosong atau isinya sedikit pada saat motor diparkir semalaman, akan terjadi pegembunan udara yang menghasilkan uap air.
  • Mencuci motor dengan air bertekanan tinggi saat water gun mengarah ke lubang tutup tanki (gambar B) ada air yang masuk ke tangki melalui lubang pernapasan.
  • Pada saat motor dipakai di musim hujan, terutama saat cover tutup lubang kunci (Gambar C) tidak menutup maksimal.

Cara membuka baut Penguras Kran Bahan Bakar

Berikut tips untuk mencegah bahan bakar terkontaminasi air :

  1. Pastikan tanki bahan bakar selalu penuh (FULL) saat sepeda motor diparkir malam hari.
  2. Memposisikan tuas kran selalu di posisi ON hal ini dimaksudkan untuk menjaga agar bensin yang mengalir ke karburator selalu di filter oleh saringan kasa halus (strainer). (Katup RES / Cadangan hanya dipergunakan saat kondisi darurat sehinggga ketika kita kelupaan sampai motor mogok habis bensin, sebetulnya masih ada tersisa didalam tangki kurang lebih 1,5 liter.
  3. Jangan menyemprotkan air bertekanan tinggi ke tutup tangki.
  4. Lakukan pengurasan secara berkala di bengkel resmi honda (AHASS) min. 6 bulan sekali.



 


  © Blogger template 'ASIK-For You' by Blog For Oto-trendz Modifikasi motor dan mobil 2012 privacy policy

Blog otomotif modifikasi Motor dan mobil