Trik Pacman Djawa Mendeteksi Kebocoran Knalpot Motor
Banyak cara yang dapat dilakukan untuk menyalurkan hobi dan juga
kesenangan seseorang terhadap roda dua. Bukan hanya sekedar modifikasi
mesin ataupun style penampilan, tetapi ada beberapa orang justru senang
mengeskploitasi power mesin motornya hanya melalui ubahan knalpot.
Diyakini, penggantian knalpot standar menjadi racing dapat mendongkrak
performa mesin motor. Namun biasanya hal seperti ini hanya dilakoni
untuk sekedar pemenuhan kebutuhan pakai harian.
Bukan sekedar mengganti knalpot saja, penyesuaian spek di perangkat
pengabutan bahan bakar dipastikan dapat membantu kinerja knalpot dalam
menghasilkan tenaga yang kian tinggi. Knalpot yang terawat tentu akan
berdampak ada tenaga yang dikeluarkan.
Sebaliknya tenaga dapat berkurang
apabila terjadi gangguan kinerja knalpot. Salah satu yang sering tidak
disadari adalah terjadinya kebocoran knalpot sehingga kompresi motor
menjadi berkurang. Berikut adalah beberapa hal yang perlu anda
perhatikan menurut bengkel spesialis knalpot Pacman Djawa, special
racing exhaust yang diwakili oleh Roy Dana di markasnya kawasan Jalan
Raya Pagelarang, Setu, Jakarta Timur.
1. Periksa paking knalpot pada bagian leher, biasanya hal ini tidak
disadari, pasalnya jika Anda menggunakan knalpot racing suara mendesis
pada leher knalpot akan menjadi menyaru dengan knalpot suara yang
berasal dari silincer knalpot. Terlebih bila karburator motro anda
berada dalam posisi open filter. Langkah antisipasinya yakni buka baut
pengancing pada leher knalpot dan lihat kondisi paking, bila perlu ganti
dengan yang baru.
2. Setting-an karburator berubah, untuk motor yang telah mengalami
perubahan pada setting-an karburator, umumnya hal ini berpengaruh pada
performa mesin secara menyeluruh. Suara seperti tembakan yang dihasilkan
knalpot merupakan salah satu indikasi yang patut Anda curigai
berkurangnya kinerja knalpot dan biasanya diindetikkan dengan bocornya
knalpot. Langkah antisipasinya, sangatlah sederhana, Anda cukup membawa
motor ke bengkel kepercayaan dan mintalah lakukan setting ulang
karburator sesuai kebutuhan dan spesifikasi knalpot.
3. Periksa seluruh sambungan pada las-lasan knalpot, teliti dengan seksama dan pastikan tidak ada sambungan yang terbuka atau bocor, mulai dari leher knalpot hingga silincer. Hal ini lazim dilakukan untuk motor 4 Tak, namun bagi pemilik motor 2 Tak, lebih mudah pemeriksaannya, pada umumnya bocornya knalpot juga disebabkan dari knalpot yang penyok bahkan "sobek".
4. Jangan lupa demi memuluskan langkah antisipasi tersebut, penggantian gaspul dan juga membersihkan filter atau saringan udara menjadi bagian yang tidak boleh ditinggalkan supaya kinerja knalpot dapat memacu power mesin maksimal.
3. Periksa seluruh sambungan pada las-lasan knalpot, teliti dengan seksama dan pastikan tidak ada sambungan yang terbuka atau bocor, mulai dari leher knalpot hingga silincer. Hal ini lazim dilakukan untuk motor 4 Tak, namun bagi pemilik motor 2 Tak, lebih mudah pemeriksaannya, pada umumnya bocornya knalpot juga disebabkan dari knalpot yang penyok bahkan "sobek".
4. Jangan lupa demi memuluskan langkah antisipasi tersebut, penggantian gaspul dan juga membersihkan filter atau saringan udara menjadi bagian yang tidak boleh ditinggalkan supaya kinerja knalpot dapat memacu power mesin maksimal.
sumber