Yamaha Mio: BENSIN SISA 1 LITER TAK MAU TURUN
Komponen part penunjang aliran bensin dari tangki ke karbu di skutik
memang penting peranannya. Fungsinya sebagai pengganti kran bensin pada
aliran bensin konvensional, untuk mempermudah dalam pemakaian.
Komponen penunjangnya yang terbungkus rapat oleh cover bodi, dan
nyempil dirangka membuatnya kita makin malas merawatnya. Biar suplai
bensin tetap lancar, perhatikan yuk detail bagian terminal vakum (fuel cock assy) ini.
Terminal vakum Mio terurai dari beberapa bagian komponen vakum, sil dan screen filter. Letaknya terhubung dengan tangki dan dilengkapi. Sil dibagian atas perangkat vakum bensin difungsikan sebagai perapat sambungan vakum bensin dengan bodi tangki, mencegah kebocoran.
Terminal vakum Mio terurai dari beberapa bagian komponen vakum, sil dan screen filter. Letaknya terhubung dengan tangki dan dilengkapi. Sil dibagian atas perangkat vakum bensin difungsikan sebagai perapat sambungan vakum bensin dengan bodi tangki, mencegah kebocoran.
“Maka, saat kekenyalan nya berkurang mudah
menyebabkan kebocoran, salah satunya efek rambatan panas mesin, ”tunjuk
Minul dari Minul Skutik Conzept yang punya work shop di Jl. Kutusari
Utara II/2, Surabaya. Jadi sebelum terjadi kebocoran, anda mesti
berinisiatif dan mengorder ke mekanik yang menangani. “Kalau sampai
penampang profil sil berubah, perlu untuk diganti baru, ”saran Minul.
Sedang
efek dari rapatnya screen filter mudah memicu terjadinya screen filter
buntu. Penting diketahaui bagi pemilik Mio keluaran awal tahun 03, wajib
rajin mememeriksa screen filter. Kalau kotor dan masih dapat
dibersihkan silahkan dipakai lagi.
Tapi kalau sudah sampai mengerak, silahkan diganti screen yang baru. Sebab, ciri buruknya kerak selalu hinggap atau membuntu screen bagian bawah. Kalau sudah begitu, saat kapasitas bensin masih 750 cc jadi susah turun.
Tapi kalau sudah sampai mengerak, silahkan diganti screen yang baru. Sebab, ciri buruknya kerak selalu hinggap atau membuntu screen bagian bawah. Kalau sudah begitu, saat kapasitas bensin masih 750 cc jadi susah turun.
Dan mesti
digoyang ke kanan kiri dulu, agar bensin mampu mengalir ke screen filter
yang tak buntu. Alternatif trik darurat, bisa langsung memotong screen filter hingga pangkal nya.
Dari pertimbangan problem ini, bagi pemilik Mio atau skutik lain keluaran terbaru. Pastikan kapasitas tangki tak sampai kosong hingga melampui setengah, ketika akan diparkir dalam waktu lama. “Supaya tak mudah memicu terjadinya timbunan uap air dan menyebabkan karat dalam tangki, ”ingat Minul.
Dari pertimbangan problem ini, bagi pemilik Mio atau skutik lain keluaran terbaru. Pastikan kapasitas tangki tak sampai kosong hingga melampui setengah, ketika akan diparkir dalam waktu lama. “Supaya tak mudah memicu terjadinya timbunan uap air dan menyebabkan karat dalam tangki, ”ingat Minul.
sumber,http://ototrend.com