Yamaha Crypton: BENAHI SUARA BERISIK MESIN

Saat hidup stasioner acap terjadi Crypton yang sudah berumur mesinnya memunculkan suara glekk…dag…glekk. Mirip suara as kruk yang melintir. Kondisi seperti ini memang tak enak didengar meski tak ada pengaruhnya saat dipakai berkendara.
“Kejadian ini acap terjadi pada bebek yang memakai kopling house dengan konstruksi sama dengan Crypton,” buka Ronald dari rumah modif AJM di Rungkut Kidul Industri 10, Surabaya.


Kalau sudah begitu lakukan pembongkaran calter kopling bagian kanan. Kendorkan lebih dulu mur kampas ganda berikut dengan mur kopling house. Setelah itu lepas gigi primer dan kopling housenya. Lanjutkan dengan memeriksa sambungan gigi skunder dengan rumah koplingnya.

“Suara kasar itu biasa ditimbulkan dari bagian ini. Di mana kondisi gigi skunder dan rumah kopling memiliki speeling kanan kiri dan depan belakang yang terlalu berlebihan,” terang Ronald.

Itu sudah bisa dipastikan kalau karet dumper kopling house sudah mati dan saatnya ganti. Untuk memeriksa kekenyalan karet dumpernya mudah saja. Cukup pakai saja bantuan tang. Kalau karet yang kekenyalannya berkurang atau mulai getas, saat dicatok tang akan pecah. 

Untuk pembongkaran kalau tak memiliki peralatan yang memadai untuk membongkar dan mengganti karet dumper kopling house, bisa langsung diorder ke bengkel bubut atau bengkel umum yang memiliki perkakas komplit. “Untuk harga karet dumper nya cukup murah, 6 biji cuman Rp. 25 ribuan, sedang harga pin keling nya 1 biji Rp. 1000,” urainya.

Bagaimana cara membongkarnya ? Pertama bor lebih dulu ujung pin keling dengan mata bor 6 mm – 8 mm, untuk melepas pin keling dari dudukannya. Tarik plat yang difungsikan sebagai ring penahan pin keling dan karet dumper. Baru setelah itu, pisahkan rumah kopling dengan gigi skunder nya, dengan bantuan betel.   

SUARA MBENGING ?
Problem lain yang biasa dialami oleh kopling house Crypton atau bebek lain, kadang sering kali ujung gigi skundernya mulai lancip dan timbul speling dengan gigi primer. Saat dipakai jalan, muncul suara mbenging.

Tapi suara mbengingnya pastikan dulu berasal dari speling gigi skunder, sebab rantai camrat yang terlalu tegang di mesin Crypton juga bisa menimbulkan suara mbenging. “Jadi lebih baik periksa tegangan rantai camrat nya dan pastikan normal,” saran Ronald.  

Efek terlalu besarnya speling gigi skunder dan primer juga lumayan gawat, karena makin banyak serbuk besi yang dihasilkan di dalam mesin. Mengatasinya tak ada cara lain, terkecuali mengganti gigi skunder. “Di pasaran gigi skunder tanpa rumah kopling milik Crypton, dilepas mulai dari Rp. 175 ribu hingga Rp. 300 ribu,” terang Ronald.

sumber



 


  © Blogger template 'ASIK-For You' by Blog For Oto-trendz Modifikasi motor dan mobil 2012 privacy policy

Blog otomotif modifikasi Motor dan mobil