USUT OLI MESIN BEBEK 4 TAK MENYUSUT
Kapasitas oli mesin yang menyusut tak hanya penting dikhawatirkan di
motor sport yang memiliki kapasitas mesin besar saja. Di bebek problem
ini juga sering terjadi, khususnya bebek yang aktif dipakai mobile
apalagi touring.
Kabar terbaru nya lagi oli mesin yang menyusut tak sampai menunggu odometer menginjak 1500 Km. Apa saja sih penyebabnya ? Ikuti saja penuturan Houce tuner bebek 4 tak yang rajin meriset Honda Blade itu.
sumber
Kabar terbaru nya lagi oli mesin yang menyusut tak sampai menunggu odometer menginjak 1500 Km. Apa saja sih penyebabnya ? Ikuti saja penuturan Houce tuner bebek 4 tak yang rajin meriset Honda Blade itu.
> Piston-ring baru tapi silinder gentong,
artinya bagian atas rapat, bagian tengah longgar dan bawah rapat.
Problem ini sering terjadi pada motor yang baru saja mengganti piston,
tapi problemnya lebih banyak disebabkan oleh peralatan bengkel bubut.
Kondisi silinder gentong, sulit diindikasi pada praktek pemakaian.
Sebab, ketika ditinjau dari performa mesin, dihasilkan lebih bagus dan
top speed nya kencang.
Tapi kalau ditinjau dari mekanis ring piston gap
yang dihasilkan terlalu besar. Sehingga oli mesin berpeluang menerobos
naik ke ruang baker, selanjutnya ikut pembakaran. Pemeriksaan ringan
bisa dilakukan lewat pengecekan warna ujung diode busi, kalau sampai
hitam berkerak itu artinya pasti silinder gentong. Untuk menyiasatinya,
lanjutkan dengan mengoversize ke ukuran lebih besar.
> Sambungan O-Ring blok silinder tak terpasang, di beberapa motor bebek masih ada yang masih menggunakan O-Ring sebagai
media perapat jalur sirkulasi oli mesin dari pompa oli mesin ke blok
silinder dan silinder cop. Saat bongkar pasang bersih-bersih kerak,
sering kali O-Ring dihiraukan dan tak dipasang, padahal di jalur ini oli
sifatnya memiliki tekanan lebih besar.
Sebab pertimbangan mekanik
selalu mengandalkan paking seng sebagai perapat nya. Tapi faktanya oli
mesin masih merembes, terutama saat limit pemakaian oli mesin akan habis
di 1500 Km, dimana oli mesin mulai encer. Kalau sudah begitu lakukan
pembongkaran ulang dan periksa keberadaan O-Ring nya. Bagi motor yang
lama tak diservice, kadang kala O-Ring nya sudah gepeng dan hilang
kekenyalannya.
> Keberadaan sil luar, di
bebek selalu memakai sil poros persneling, poros gir depan dan poros
pedal starter. Tapi yang sering bermasalah sil poros gir depan dan poros
persneling. Pemeriksaan fisik nya mudah, sebab bisa langsung dilihat
tingkat kebocorannya.
Khusus untuk penggantian kedua sil ini, sebaiknya
diganti dengan sil orsi nya. Sebab, sil imitasi kadang terlalu longgar,
selain itu desain bibir nya rata dan mudah menyebabkan kebocoran.
“Penyebab kebocoran sil luar ini biasa disebabkan oleh kapasitas oli
mesin yang terlalu berlebihan ketika penggantian periodik, “urai tuner
yang punya workshop di Manyar Sambongan 8, Surabaya itu.
sumber