Setting Karburator menurut Keihin, Mikuni & G. Bell
Hmmmm rata-rata pada saat kita service karburator di bengkel setelan
angin (air screw) dicari dengan patokan teriakan mesin tertinggi, bahkan
di geber sampe putaran gas FULL. …. Bisa ! masing-masing cara orang
memang beda menerapkannya tapi tujuannya sama adalah mencari settingan yang pas.
Berikut adalah diagram panduan (secara teori) untuk setting airscrew (IDLE) & PJ khususnya.
Carb Tuning Keihin 1:
Terlihat pada hampir 1/2 putaran gas, setting AirScrew dan PJ tidak
berfungsi lagi. Justru kita bisa lihat perpindahan antara PJ dan MJ di
isi oleh clip position, tapi sayang Karburator yg kita pakai khususnya
Keihin PE tidak ada setelan klipnya. Pada putaran gas 3/4 s/d Full hanya
MJ berfungsi.
Carb Tuning Keihin 2:
Carb Tuning Keihin 3 (Graham Bell):
A = most effective
B = fairly effective
C = small influence
D = no influence
B = fairly effective
C = small influence
D = no influence
Jika berpatokan pada diagram 1 s/d 3, setting airscrew di setting
pada saat IDLE (RPM 2000), dicari nafas tertinggi. Jika sudah menemukan
nafas tertinggi cek putaran angin nya, jika lebih dari 2 putaran
turunkan PJ 1 step, jika kurang dari 1 putaran naikan PJ 1 step. Untuk
memastikan settingan sudah pas atau belum lihatlah kondisi BUSI. Jika
Merah bata berati passs & motorpun menghasilkan performa maksimal
& IRIT !!!
Untuk pemakaian sehari-hari pembacaan kondisi busi lebih ke
penggunaan PJ, why? lihat tabel, penggunaan MJ di putaran gas 3/4 s/d
FULL. Untuk mengecek MJ nya sendiri dilakukan dengan cara gas full
(geber) diatas 8000 RPM lalu gigi 4 atau gigi 5 lalu matikan kontak
& teken kopling (sepersekian detik) dan langsung cek busi.
Namun
cara itu tidak semua orang bisa melakukannya. Saya pribadi untuk
menentukan MJ sudah pas atau belum feeling aja pada saat kita geber. MJ
terlalu besar akan terasa lama naik ke RPM. MJ terlalu kecil nafas akan
cepat habis.
Semoga bermamfaat. diambil dari berbagai sumber: keihin, mikuni & buku2 tuning motor.
sumber,http://asulaeman.wordpress.com/2007/07/08/setting-karburator-menurut-keihin-mikuni-g-bell/