Bongkar Pasang Cover Body New Jupiter MX, Lebih Simpel!


 Simple karena jumlah baut dan teknik bongkar-pasang cuma sedikit
Katanya, dulu Yamaha Jupiter MX 135LC bikin repot kalau mau diservis. Karena penutup mesin dan sayap, cukup lama dibongkar. Penyebabnya bukan cuma jumlah sekrup L dan baut kembang yang banyak, juga sulit lihat susunan rangkaiannya. Begitu salah trik pas bongkar-pasang, biasanya klip pengunci atau cover malah jadi patah.

“Beda dengan New Jupiter MX135LC, lebih simpel,” ujar Disep Priyajdi Jaenudin, Technical Claim Yamaha DDS di Cempaka Putih, Jakarta Pusat.

Bisa dibilang sedikit lebih mudah dibandingkan Jupiter MX 135LC versi lama. Untuk melepas pelindung mesin Jupiter MX lama memang bagian yang dilepas bukan cuma cover atas tapi juga sayap kanan-kiri. Itu juga harus lepas 7 sekup L4 dan 1 buat plus di cover tengah.

“Adapun bagian tersulitnya pas mau buka cover atas bila ingin servis karbu dan filter udara. Karena bentuknya agak menekuk dan ruangnya sempit, jadi agak sulit pas mau dilepas. Wajar kalau pada ragu,” imbuh pria berkantor di Jl. Letjen. Soeprapto, No. 402, Jakarta Pusat ini.

Dan jika dibandingkan dengan New Jupiter MX135LC yang model cover sayapnya sudah berubah, pria asli Tasikmalaya, Jawa Barat itu bilang jauh lebih simpel. Sebab untuk melakukan servis ringan, cukup melepas dua bagian cover yaitu atas dan sayap samping kanan.



 Cuma buka cover atas untuk servis karbu dan filter udara
“Kalau hanya servis karburator dan filter, cukup cover atas dilepas dengan membuka 2 sekrup L4 dan 1 baut kembang. Kedua bagian vital ini sudah bisa dilihat juga tanpa kesulitan melepas covernya,” lanjut Disep.

Tapi, kalau dengan mencopot busi, cover sayap samping kanan tinggal dibuka. Itu juga hanya melepas 2 sekrup L4 yang mengikat di antara sayap kanan dengan tebeng depan, juga sambungan sayap kanan-kiri di bagian bawah. Baru deh cover samping ditarik ke belakang agar bebas dari pengaitnya.

Jadi, kini tidak lagi ditakuti mekanik bengkel resmi dan bengkel umum. Soalnya selama ini pemilik MX kerap kesal karena mekanik ogah-ogahan servis motor karena ribet buka cover bodi!

Oh gitu. (motorplus-online.com)



 


  © Blogger template 'ASIK-For You' by Blog For Oto-trendz Modifikasi motor dan mobil 2012 privacy policy

Blog otomotif modifikasi Motor dan mobil