Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Yamaha Mio Soul 2008, Big Matic Sporty


Selain Kota Malang dan Ponorogo, konsep big matic juga ditunjukan oleh modifikator Denpasar, Bali. Digawanagi Made Ambara Suarjaya, Yamaha Mio Soul yang punya basic bodi lebar digarap menyerupai matik cc gede produk Yamaha.

“Konsep awal diambil dari motor matik Yamaha Majesty yang berkesan mewah dan eksklusif. Lalu dikembangkanke arah sporty tanpa meninggalkan tema awalnya, yaitu matik berbodi besar,” ujar pemilik bengkel M1 di Jl. Gunung Muliawan Timur, Denpasar, Bali.


Kesan big matic bisa dilihat dari bagian depan. Karena itu yang menjadi ciri khas Majesty yang kini lebih sporty. Perombakan pun tidak terlalu repot, karena lampu utama hanya andalkan batok lampu copotan dari Yamaha Nouvo Z.

Penyesuaian lain juga terjadi di tebeng depan. Visor milik Kawasaki Ninja 250R yang berada di atas lampu utama, makin dipertegas tebeng baru dari cetakan bahan fiber. Uniknya lagi, di bagian itu ditempel LED yang ketika menyala akan terbaca M1.

Masih di bagian visor, ada sedikit improvisasi pada bagian spion. Kalau aslinya Majesty kaca spion berada di setang, pada Mio ini diposisikan di cover bodi. Katanya sih terinspirasi sejumlah moge terbukti hasilnya oke juga.

Sebagai penyeimbang tebeng depan yang sudah membesar, bagian belakang tak luput dari ubahan. Oleh Made yang pada saat itu ikut ajang Bali One Heart Contezt Modification 2010, Oktober lalu,Mio Soul dilengkapi komponen audio berupa 2 buah subwoofer dan speaker serta head unit. Alhasil, juara pertama kelas perform audio berhasil disabet.

Untuk urusan bodi belakang memang dibiarkan standar. Hanya ada penambahan bodi kit di dek juga di atas jok boncenger dibanding ubahan terdahulu. Begitu juga pijakan kaki tambahan di atas bordes juga di bagian dek belakang.

Urusan buritan, Made memaparkan kalau roda belakang sedikit dimundurkan. Katanya dia pasang part variasi undur-undur yang punya panjang sekitar 15 cm. Otomatis dudukan sok bekalang bagian atas dan bawah harus dibuatkan adaptor baru untuk menopang kedua sok.

Awalnya tunggangan ini dikrom plastik pada seluruh bodi Soul. Sekarang berkat trik dan pemilihan cat serta pernis pas, pada garapan Made, hanya memanfaatkan cat merah solid di sekujur bodi.
Sementara efek mengkilapnya ditujukan dengan memberi sentukan krom. Sentuhan itu fokus di beberapa bagian, terutama sayap dan bodi tengah. Sedang untuk pelapisan akhir, Made lebih merasa sreg kalau memilih merek DuPont.

(motorplus-online.com)