Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Yamaha Jawara Sport, Honda CBR250R Mulai Mengancam


Yamaha masih menguasai segmen sport pasar sepeda motor domestik setelah harus kehilangan dominasinya pada skuter otomatik (skutik) yang direbut Honda. Menurut data Asosiasi Industri Sepedamotor Indonesia (AISI) sepanjang Januari-Maret 2011, garputala berhasil menggenggam pangsa 46,8 persen atau 79.671 unit dari total 169.930 unit.

Di segmen sport, Yamaha mengandalkan model Vixion sebagai tulang punggung penjualan dengan torehan 60.682 unit dan Byson 12.699 unit. Sedangkan Scorpio Z menyumbang 6.290 unit.

Yamaha harus bisa menjaga dominasi karena Honda diam-diam terus menguntit. Dalam periode kuartal pertama, penjualannya mencapai 66.150 unit atau 38,9 persen pangsa mengandalkan New Mega Pro, Tiger dan produk terbarunya Apalagi, Honda dikabarkan akan meluncurkan CBR150R dalam waktu dekat.

Unjuk Gigi Sementara itu, Honda CBR 250R mulai unjuk gigi di pasar sepeda motor domestik segmen sport 250cc. Sejak peluncurannya ke pasar, Februari 2011 produk flagship Honda di Indonesia ini baru banyak berbicara sebulan berikutnya setelah pasokan unit mulai lancar dari Thailand.

Pada Maret 2011, CBR 250R berhasil menjual 1.167 unit mengungguli Kawasaki Ninja yang mencatat 1.002 unit dan selama ini menguasai pasar. Memang, keunggulan satu bulan ini belum berarti besar, tapi sebuah indikasi positif bahwa konsumen level menengah atas menerima kehadiran CBR 250R di pasar domestik.

sumber,http://otomotif.kompas.com/read/2011/04/08/14003797/