Tips Merawat Motor Honda

Motor Honda telah menjadi sarana transportasi yang sangat erat bagi keseharian rakyat Indonesia. Motor Honda merupakan alat transportasi roda dua yang efisien, efektif, dan ekonomis serta terjangkau oleh sebagian besar masyarakat Indonesia.

Berikut ini adalah tips dan trik supaya motor Honda anda lebih enak dipakai dan tahan lama

Cek Kondisi Oli

Oli mesin ini sangat penting peranannya untuk melumas komponen-komponen mesin, seperti stang saher, saher, dan ring saher, kruk as dan noken as atau stang klep. Oleh karena itu, jika keberadaan minyak pelumas sudah berwarna kehitam-hitaman atau kelenturan daya lumasnya berkurang, maka sebaiknya diganti. Ganti oli secara periodic dan gunakan sesuai dengan rekomendasi Honda.

Tip Memilih Oli Mesin

Atau yang terbaik adalah dengan oli yang memiliki grade yang tinggi pada API nya. biasanya dipasaran SG, SM dan SL semakin kebelakang semakin bagus atau tinggi dan pada saat artikel ini dibuat sudah ada yang sampai SM. SAE (kekentalan oli) sesuai dengan anjuran pabrik motor atau sesuai dengan pabrik pembuat oli juga bisa dijadikan rekomendasi. Nah percaya siapa .. yang bikin motor atau Oli ya ... kalau saya ga percaya 2 2 nya yang penting adalah sesuai dengan ajuran pabrik, grate oli tertinggi dan harga yang paling murah (tentunya dengan grade API tertinggi)

Pengalaman gonta ganti oli dari yang sedang sampai yang mahal, akhirnya pilihan saya jatuh pada oli HX7, nah karena saya bukan pesan sponsor silahkan dicari merek apa saja. Yang jelas grade API sudah SM, atau lebih, SAE untuk motor skutik ok lah ... 10 - 40. Jika di pakai sampai 5000 km masih tetap terasa baru .....

Jika pabrik merekomendasikan mengunakan merek tertentu karena memang mereka mempunyai kepentingan bisnis atau anak persusahaannya. Jadi yang terpenting adallah masalah kekentalan SAE dan API tertinggi. Demikian pula dengan merk motor lainya seperti Yamaha, suzuki ataupun kawasaki dll.

Jangan lupa cek ketinggian oli setiap 1 bulan atau 2 minggu sekali. Jika kurang bisa ditambah sesaui dengan garis pada petunjuk.


Cek Kondisi Aki


Jangan dibiarkan air accu melewati batas maksimum dan minimum yang akibatnya bisa mempercepat kerusakkan pada sel-sel accu. Tambahkan aki pada pagi hari.


Selain itu, jika baterei atau accu tersebut sudah melemah secepatnya diganti, sebab jika dipaksakan selain kedua kutub positif dan negatif akan mengeluarkan korosi (serbuk putih), korosi tersebut akan menjalar ke bagian kabel-kabel utama yang menghubungkan arus listrik ke saluran lampu, dinamo, atau bagian-bagian lainnya.

Oleh karena itu, jika terjadi hal itu, arus listrik yang dihantarkan baterei atau accu tidak sempurna dan bisa menyebabkan kerusakan pada komponen dinamo, kontak mesin maupun switch lampu. Satu hal yang perlu diperhatikan jika accu sudah lemah atau tidak mampu di starter dan distarter, jangan dipaksakan dengan mendorong sepeda motor untuk menghidupkannya. Sebab bisa merusak gigi transmisi.

Saat ini banyak air accu/ aki yang sudah tidak bersifat asam boleh dibilang mendekatai PH netral dan biasanya kemasannya sudah seperti air mineral bukan seperti jaman dulu.


Periksa Rantai dan Gir


Jangan biarkan rantai terlalu kendor, atau terlalu kencang. Terlalu kendor bisa membuat rantai copot dari girnya, sementara terlalu kencang bisa mengakibatkan putus rantai. Cek juga kondisi gir, jika sudah tajam segera ganti karena jika tidak rantai bisa tiba-tiba putus. Bahaya kan, kalo lagi ngebut tiba-tiba putus rantai?

Tip Merawat Rantai
Melumasi rantai jangan menggunakan oli bekas atau gemuk karena memang tidak direkomendasikan untuk melumasi rantai. Jika ini dilakukan maka akan terjadi penggumpalan karena jenis pelumas diatas akan mengikat pasir, debu atau kotoran-kotoran di jalan apalagi motor honda sekarang tidak menggunakan tutup rantai.

Pelumas yang baik bisa menggunakan pelumas khusus rantai bisa literan atau model sprayer. Dengan memakai pelumas khusus ini maka kotoran, debu, pasir tidak akan menempel dan rantai akan terlihat bersih selalu.

Selama saya memakai motor biasanya saya menggunakan rantai buatan SGP atau YM yang lebih awet dan ukuran tentunya sama. Motor bebek biasanya 420 - 104. Masalah harga bersaing namun lebih kuat dari genuine part nya.... bisa di buktikan. Namun jika anda berkantong pas-pasan, saya rekomendasikan memakai merek Indopart atau kembali ke Genuine part aslinya.

Untuk Gear biasanya saya mencari genuine part dari honda namun honda thailand karena lebih kuat yang jadi faktor utama adalah jenis bahan yang digunakan kualitasnya jauh lebih baik. Nah kalau ga ketemu juga genuine Thailand bisa pakai merek sun star karena memang sunstar adalah vendor honda di thailand dan di Indonesia sudah banyak yang masuk.

Kalau lokasi anda dekat atau di selatan jakarta yang murah dan bagus bisa ke daerah ''Batass" atau di impres karena biasanya saya beli biasa di 2 tempat tersebut.

Periksa Kabel Koil dan Busi



Perhatikan keberadaan kabel koil yang menghubungkan arus listrik ke busi. Jika sudah cukup umur dan sudah terlihat ada retakan dan pengerasan pada kabel tersebut, maka sebaiknya diganti. Juga perhatikan keberadaan busi karena busi sangat vital untuk kelancaran sebuah mesin kendaraan.

Tip Busi
Untuk kabel busi sudah tentu bawaan dari kuil. Nah ini yang suka di remehkan namun power full. yaitu tutup busi. Jika karetnya sudah aus atau kendor sebaiknya di ganti karena untuk menghidari dari kebocoran listrik. Biasanya kena air dikit pasti mogok deh terutama pada waktu hujan. Yang umum dipakai dan awet biasanya merek NGK.

Pemilihan busi juga sangat menjadi perhatian. Bagi anda yang pikirannya ekonomis namun kurang infomasi coba deh sedikit berfikir dari tip ini. Untuk busi jangan percaya sama racing karena biasanya busi tersebut buat moge yang panas mesinnya bukan main. Tapi ada 2
  1. Busi standar pabrik
  2. Busi Kwalitas premium
  3. Busi Kwalitas Iridium
saya biasanya pakai yang no. 2 karena harganya cuma 20.000 dan bisa pakai salama 1 tahun. kalau iridium harganya cukup mahal sekitar 60.000-90.000 an bisa pakai sampai 2 tahun. Ini berdasarkan pengalaman saya yang pakai 2 jenis tersebut. Jadi lebih ekonomis kan jika pakai standar tetapi cuma 2 bulan. Tanda busi nya penyakit adalah jika kita lewat jalan menurun dan posisi gas adalah minimal atau biasanya terjadi letupan-letupan kecil itu biasanya tanda kalau busi tersebut dan minta ganti.

Perhatikan Selang Bensin



Komponen lainnya yang perlu diperhatikan selang bensin ke karburator. Jangan membiarkan kondisi selang bensin mengeras atau terjadi retakan-retakan, karena bagian dalam selang bisa jadi sudah tidak elastis yang mengakibatkan serbuk kotoran yang berasal dari selang terbawa ke karburator. Yang pada akhirnya akan terjadi penyumbatan suplai bensin dari tanki ke karburator sehingga mengganggu sistem pembakaran.

Tips:
Karena kwalitas pom bensin kita atau proses distribusi dari depot banyak mengandung karat besi maka sebaiknya setiap 2 atau 1 bulan kuras lah bak karburator di kuras atau membuang semua bensin pada bak karburator pada baut di bawah bak. Ini berguna untuk menghindari kemacetan pada pilot atau spuyer karburator.

Panaskan Mesin 1 Menit
Panaskan mesin sebelum motor dijalankan, tak perlu lama-ama cukup 1-2 menit. dan jangan di gas besar besar cukup hingga 2000 rpm saja. Ini supaya sirkulasi oli bisa melumasi seluruh bagian dalam mesin yang bergerak. Jangan terlalu lama memanaskan karena akan membuat pipa knalpot menguning selain itu pastinya jadi buang-buang bensin.

Periksa tekanan angin ban
Jangan terlalu keras dan juga jangan kurang karena bisa berakibat kembang ban motor rusak.

Gunakan Selalu Sparepart Asli
Lebih baik mahal sedikit, tapi puas dan tahan lama daripada memakai yang tidak asli, meski murah tapi tapi daya tahan kurang.

Tips
Sparepart asli bagus itu harus genuine namun jika anda punya pengalaman cukup bisa menggunakan alternatif yang saya tuliskan diatas. karena dari segi ukuran pasti sama namun dari segi bahan yang membedakan. Saya bukan meragukan produk genuine sini tetapi secara pengalaman sudah membuktikan bahwa yang saya gunakan diatas jauh lebih baik dari aslinya. Mau bukti ... silahkan coba....

Ok sobat selamat merawat motor Honda kesayangan, jika langkah-langkah tersebut dilakukan dengan benar, motor kesayangan Anda senatiasa tampil prima.

Asuransikan diri Anda, Ingatlah akan orang-orang yang Anda cintai, Baik Asuransi jiwa, Pendidikan, pensiun sebagai proteksi ekonomi Anda.

sumber,http://www.oassis.biz/motorcycles/318-tips-merawat-motor-honda.html



 


  © Blogger template 'ASIK-For You' by Blog For Oto-trendz Modifikasi motor dan mobil 2012 privacy policy

Blog otomotif modifikasi Motor dan mobil