Tentang Knalpot Motor 2 Tak

Berbeda dengan mesin 4 tak, mesin 2 tak tidak menggunakan katup untuk memasukkkan campuran bahan bakar-udara dan mengeluarkan gas buang , namun menggunakan piston, bentuk ruang bakar itu sendiri dan kanlpotnya. Seperti gambar berikut ini

550px-arbeitsweise_zweitakt

bisa di liah dari ilustrasi gambar di atas. ada gas balik yg mendorong kembali gas segar yg keluar melewati ruang bakar.

nah gas balik ini berhubungan dengan knalpot, dari segi ukuran sudut setiap lekukan di knalpot. jadi ada yg bilang knalpot penyok bisa mengurangi performa, kenapa..?? karena ukuran dari perut itu sendiri udah berubah, baik volume dan sudut yg terbentuk oleh lekukan [penyok]. tersebut.

nah ketika kita melakukan perhitungan knalpot ada dua, ini rahasia dari tmn yg sering itungan sama knalpot.

knalpot 2 tak terdiri dari 2 jenis itungan :

1. Dengan selencer

itungan dari mulai ujung [lubang out] sampai dengan ujung selencer [yg nongol dikit itu lhooo......]

knalpot ini mempunyai ciri2 ujung saringan menyatu [menyambung] dan langsung ke ruang perut knalpot. misal knalpot ori F1zr. jadi ketika kita mengganti selencer aja, makanya ada pengaruh ke mesin, klo ukuran ke panjangan [di ukur dari ujung out sampai ujung selencer] dari standar [bawaan] maka nafas jadi panjang,dan acceleration jadi berkurang. dan sebaliknya. klo kependekan maka nafas jadi pendek dan topspeed loyo.

analoginya gas buang jadi cepat keluar, klo cepat keluar maka acceleration mantap, dan bagus buat trek pendek.

ini bisa juga di terapkan ke pada knalpot kolong yg notabane memakai selencer yg langsung menyatu ke perut. jadi dengan mengganti selencer saja bisa berakibat ke tenaga.

2. Tanpa selencer.

itungan ini bisa di liat di perut knalpot ori ninja R [bukan RR yg kolong], karena knalpot ini mempunyai sekat dan selencer tidak langsung menyatu ke perut knalpot, tapi di pisahkan oleh sekat yg berfungsi mengurangin suara dan polusi udara [catalisator]. sekat terujung berada di dalam selencernya. jadi klo ninja ganti selencer tapi perutnya masi pke ori, jadi gak ada pengaruhnya, karena itungan knalpotnya hanya sampai perutnya saja.

gilamotor.com



 


  © Blogger template 'ASIK-For You' by Blog For Oto-trendz Modifikasi motor dan mobil 2012 privacy policy

Blog otomotif modifikasi Motor dan mobil