Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Sepeda Motor Listrik Zero Kini Lebih Cepat

Produsen sepeda motor listrik Zero Motorcycles meluncurkan empat model baru Zero S, Zero DS, Zero X dan Zero MX facelift dengan beberapa peningkatan spek. Termasuk aksesoris komponen tambahan (optional) berupa pengisi cepat (quick charger) yang bisa memangkas waktu dua kali lebih cepat dari charger konvensional - sebelumnya 4 jam, kini menjadi 2,3 jam saja.


Keempat model punya karakter masing-masing, seperti "S" (street) untuk jalan raya, DS (dual sport) bisa di aspal dan tanah (dirt), serta X dan MX penakluk medan off-road (trail). Lalu, tenaga pada motor listrik Z-Force pada keempat model juga telah ditingkatkan 12,5 persen, sistem pengereman dan suspensi pun diperbaiki lagi.

Khusus model Zero X dan Zero MX sudah boleh digunakan di jalan umum (on the road) karena telah dilengkapi standar keamanan (lampu utama, lampu sein, kaca spion, sensor dan gear standar jalan on-road). Sedang S dan DS kini menggunakan sistem penggerak dari rantai menjadi v-belt. Seluruh model juga punya panel bodi baru.

"Dalam beberapa tahun ini, tim rancang bangun dan manufaktur kami sudah makin berpengalaman dan berkerja keras untuk menghasilkan sepeda motor listrik terbaik di dunia. Kami senang dengan perubahan besar pada semua model dan menetapkan standar baru pada industri sepeda motor dunia," ujar Gene Banman, CEO Zero Motorcycles seperti dilansir motorcycle.com (8/2).

Zero membekali semua model dengan motor listrik Z-Force, berpendingin udara dengan arus DC bertenaga 4,4 kWh yang bisa digeber sampai kecepatan 108 km/h dan mampu menjelajah hingga 70-93 kilometer tergantung kondisi pengendara. Usia baterai mencapai 112.000 kilometer sebelum harus diganti dengan yang baru.

Seluruh model Zero sudah mulai bisa dipesan di Amerika Serikat dan pengiriman mulai dilakukan Maret 2011. Unit ditawarkan mulai dari 7.995 dollar AS (Rp71,2 juta) sampai 10.495 dollar AS (Rp93,5 juta) dengan paket garansi 2 tahun.

Sekedar informasi, selain Zero Motorcycles di Amerika Serikat juga ada produsen sepeda motor listrik lain yakni Brammo Enertia dari California.

http://otomotif.kompas.com/read/2011/02/09/14065517/Sepeda.Motor.Listrik.Zero.Kini.Lebih.Cepat