Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Perawatan rantai motor yang benar

sepeda motor baru lainnya mungkin tidak ada masalah dengan rantai atau gear, tetapi kali ini komunitas motor akan membahas bagaimana caranya untuk merawat rantai sepeda motor yang benar. mungkin anda sudah mengenal apa itu rantai atau gear?saya tidak perlu menjelaskan panjang lebar mengenai rantai atau gear, yang perlu diperhatikan anda harus lebih teliti di saat beli gir set asli atau rantai motor original. karena banyaknya rantai atau gear palsu yang banyak beredar di bengkel.Mengapa saya harus merawat rantai sepeda motor?
Pemeliharaan berkala rantai sepeda motor, bersamaan dengan penggantian oli dan pengecekan ban adalah bagian penting dalam berkendaraan yang aman. Rantai sepeda motor tidak terlepas dalam aktifitas berkendaraan, karena mempunyai fungsi sangat penting yaitu memindahkan tenaga dari mesin ke roda kendaraan. Pengecekan dan pemeliharaan yang salah dapat merusak dan mengurangi kemampuan sepeda motor anda, bahkan dapat membahayakan perjalanan anda.
Bagaimana berkendara nyaman dan rantai aman?
Penggunaan pelumas yang benar sangat disarankan untuk kenyamanan berkendara motor dan keamanan rantai. Gunakan pelumas yang dikhususkan untuk rantai motor. Tujuannya selain untuk mereduksi keausan rantai dan gir karena adanya gesekan, juga pemberian pelumas dapat membuat umur rantai lebih lama.
Resiko apa jika rantai motor rusak?
Bersihkan rantai dari debu dan kotoran. Umumnya debu dan kotoran melekat pada rantai akibat penggunaan pelumas yang salah. Oli bekas tidak disarankan untuk digunakan pada rantai karena mengundang debu dan kotoran. Hal ini yang mempercepat keausan atau rusak pada gir atau rantai dan berpengaruh terhadap kekuatan rantai motor yang dapat mengakibatkan kecelakaan.

berikut adalah tips dan trik bagaimana caranya untuk merawat rantai sepeda motor yang benar agar rantai motor kita selalu awet dan nyaman saat digunakan berkendara, terutama bagi pengendara yang doyan banget sama touring motor/perjalanan jauh. dan yang perlu diperhatikan ada 3 hal dan penting yang harus selalu dilakukan, yaitu pengecekan, penyetelan, dan perawatan:
1.Periksa kondisi gir atau rantai apakah kendur atau tidak, lakukanlah penyetelan dengan mengendurkan baut swing arm dan menyetel rantai dengan jarak antara 8 - 11 mm.
2.bersihkan rantai dengan minyak pembersih, misalnya menggunakan solar.
3.Perhatikan kondisi penutup rantai apakah kondisinya terpasang dengan baik, sebab apabila kondisi penutup rantai yang tidak terpasang dengan baik, disamping membahayakan dapat juga menyebabkan suara berisik gesekan antara rantai dan penutup.
4.Berilah pelumas secukupnya, karena pelumas yang berlebihan juga membahayakan. bisa menetes ke ban dan membuat ban selip.

http://gudang-honda-tiger.blogspot.com/2010/09/perawatan-rantai-motor-yang-benar.html