Pemicu Suara Knalpot Motor ‘Nembak‘

Apakah motor Anda suka mengalami gejala motor mendadak "batuk-batuk" atau suara dari knalpot terdengar "nembak-nembak"? Gejala seperti itu membuat laju motor menjadi tidak lancar alias tersendat-sendat.

Beberapa pemicu yang bisa membuat suara knalpot motor meledak-ledak:

1. Pembakaran terlalu Lean(miskin)
2. Knalpot ada yang bocor
3. Pengapian tidak tepat
4. Cuk atau "choke"

Apabila Anda lupa menutup cuk saat menghidupkan mesin di pagi hari, nah, saat jalan, pembakaran yang terjadi tidak sempurna akibat campuran bensin yang terlalu banyak. Jika kondisi ini dibiarkan terus, tentu akan berakibat pada usia busi. Selain itu, busi cepat mati karena cenderung basah oleh bensin.

5. Busi

Komponen bisa menyulut timbulnya suara ledakan lantaran kondisi komponen tersebut sudah mau mati. Hal itu terjadi karena elektroda busi sudah terlalu basah atau banyak kerak. Jika dipakai terus, maka muncul gejala seperti kerusakan di komponen suplai udara bersih. Akibatnya, campuran udara dan bahan bakar di ruang bakar jadi tak sempurna.

6. Karburator
Sekarang ini tak sedikit motor yang mengaplikasi karburator model vakum atau beken disebut velocity constanly (VC). Skep digerakkan oleh karet yang mengandalkan kevakuman. Makanya, jangan biarkan karet tersebut aus. Kalau sampai aus, maka proses kevakuman jadi tidak sempurna. Ini yang menyebabkan mesin brebet saat motor dibetot.

7. Suplai udara

Suara ledakan bisa juga muncul akibat ada kerusakan pada bagian penyuplai udara bersih ke ruang bakar. Gejalanya, suara tidak enak timbul ketika motor berakselerasi dan gas ditutup penuh. Makanya, saat putaran mesin turun, munculah suara ledakan. Jadi, pastikan AIS (air secondary system) berfungsi sempurna.

http://veltic.blogspot.com/2010/05/pemicu-suara-knalpot-motor-nembak.html



 


  © Blogger template 'ASIK-For You' by Blog For Oto-trendz Modifikasi motor dan mobil 2012 privacy policy

Blog otomotif modifikasi Motor dan mobil