Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Panduan Pasang Cakram Belakang Di Yamaha Byson

Tampilan Yamaha Byson memang kekar, terutama bagian kaki-kaki. Sokbreker depan 41 mm, pelek lebarnya 2,5 inci dan belakang 3,5 inci. Namun ada satu hal yang terasa kurang, apa itu? Rem belakang masih teromol.



Memang secara performa rem teromol milik motor sport 153 cc ini tetap pakem. Dan rem belakang memang tak perlu pakem banget, karena malah bahaya. Tapi secara penampilan bikin kesan modern dan sporti jadi sedikit ‘terganggu’.

Tapi jangan khawatir, buat yang mau upgrade jadi cakram, bisa kok. Salah satu bengkel yang sudah melakukan, KMS (Kencana Motor Sport), di Jl. Budiraya No.2B, Kemanggisan, Jakbar. Enaknya sudah dibikin dalam bentuk paket, part lengkap dan pemasangannya.

Part yang disiapkan berupa cakram, dudukan cakram, kaliper, master dan slang. Memang bukan part orisinal, penampilan mirip milik Suzuki Satria, namun kualitas dijamin. “Pasti bagus, kita enggak mau repot konsumen bolak-balik komplain karena bermasalah,” terang Edi Sasmito, bos KMS.

Masih menurut Edi, uang yang mesti disiapkan untuk menebus plus pasang sebesar Rp 750 ribu. Waktu yang dibutuhkan untuk memasang sekitar 2 jam. Berhubung tidak didesain khusus untuk Byson, butuh beberapa ubahan, seperti apa? Simak deh di urutan foto berikut.



Keterangan foto :

1. Pertama bikin dudukan master di footstep. “Dimal dulu pakai kertas, setelah jadi baru bikin dari pelat 2 mm,” terang Suyanto, mekanik KMS. Oh iya, tuas rem belakang bagian ujungnya mesti dipotong, lalu disambung ulang dengan posisi lebih mundur.

2. Sekarang konsentrasi pada roda belakang.
Lepas gir berikut karetnya. Nah di baliknya ada 4 lubang. Bor 4 titik di lubang itu pakai mata 8 mm, berguna untuk lewat baut pemegang dudukan cakram.

3. Selanjutnya pasang cakram, baut pakai baut L-6 sepanjang 2 cm.

4. Pasang kembali roda, lalu bikin dudukan kaliper sekaligus bos as roda, juga dimal dulu pakai kertas. Jika sudah pas, bikin pakai pelat besi 8 mm agar kuat. Selesai deh.

http://motorplus.otomotifnet.com/read/2010/12/02/314014/226/27/Panduan-Pasang-Cakram-Belakang-Di-Yamaha-Byson