Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

RANTAI RODA | PEMERIKSAAN KEKENDORAN RANTAI

RANTAI RODA PEMERIKSAAN KEKENDORAN RANTAI

Rantai merupakan komponen penting dalam sebuah sepeda motor yang kudu di perhatikan baik perawatan dalam kedaan baik. untuk memeriksa dan memperbaikinya ikutilah tips berikut yang semoga membantu sobat otomotif untuk bisa dilakukan dirumah, atau lebih dini untuk mengetahui keadaan pada rantai motor anda ternyata telah error

walaupun hanya rantai tapi perlu juga banyak diperhatikan dan jangan sekali-kali anda meremehkan..?
karena kerusakan akan mungkinterjadi dan menjalar pada komponen lain karena ketidak sempurnaan dalam pengaplikasian rantai

AWAS!Jangan sekali-kali memeriksa dan menyetel rantai roda sementara mesin dalam keadaan hidup.
Letakkan sepeda motor pada standard utama dan masukkan transmisi ke dalam neutral. Lepaskan inspection hole cap (penutup lubang pemeriksaan).
Periksa kekendoran rantai roda.


KEKENDORAN RANTAI: 25 – 35 mm
PERHATIAN:
Kekendoran rantai yang berlebihan dapat merusak rangka.

PENYETELAN

Longgarkan mur poros belakang dan kedua mur pengunci.
Putar kedua mur penyetel sampai kekendoran rantai roda yang tepat telah diperoleh.


Pastikan bahwa ujung depan dari kedua penyetel segaris dengan garis petunjuk yang sama pada swingarm (lengan ayun).
Kencangkan mur poros belakang dengan torsi yang ditentukan.
Kencangkan kedua mur penyetel dan mur pengunci dengan erat.
Periksa kembali kekendoran rantai roda dan kebebasan perputaran roda.
Setel jarak main bebas pedal rem bila perlu.