Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cuci Kaca Helm Cukup Pakai Air Bersih

Mencuci kaca helm itu gampang-gampang susah. "Cukup dengan air hangat. Bebas kandungan bahan kimia. Karena bahan kimia malah bikin kaca buram," jamin Beta dari laundry helm Satu Jam di Jl. Saluki Cempaka, Jatibening, Bekasi.

Caranya, basahi dulu seluruh bagian kaca. Kalau memungkinkan dilepas dulu sehingga air tidak membasahi busa bagian dalam helm. Cek bagian yang kotor, kalau ada yang masih menempel, basahi bagian yang kotor dengan air hangat-hangat kuku. Lalu gunakan tisu yang dibasahi atau kain microfiber yang sedikit dibasahi untuk mengangkat kotoran.

Pemakaian tisu basah atau kain basah ini dimaksudkan agar tidak membuat goresan pada kaca. Cara mengangkat kotoran pun diusahakan tidak sampai menggores kaca helm.

Lanjutkan dengan mengelap seluruh bagian kaca pakai bahan halus yang juga sedikit dibasahi. "Sebaiknya satu arah. Agar debu kasar tidak membuat baret atau goresan di kaca," anjur Beta.

Selanjutnya dikeringkan. Caranya bisa disapu pakai kain microfiber. Selain halus, lembut juga lebih mudah menyerap debu. Dengan begitu, debu jadi gampang nempel dan nggak balik ke kaca. Harga kain ini berkisar Rp 40-60 ribu. (motorplus-online.com)